Sabtu, 15 Oktober 2011

Positioning menurut ku cekidott... :P

Sumber I


Positioning adalah tindakan perusahaan untuk merancang produk dan bauran pemasaran agar dapat tercipta kesan tertentu diingatan konsumen. Sehingga dengan demikian konsumen segmen memahami dan menghargai apa yang dilakukan perusahaan dalam kaitannya dengan para pesaingnya. Bagi perusahaan tindakan untuk meneliti atau mengindentifikasi posisi pesaing dan memutuskan untuk mengambil posisi setaraf dengan posisi pesaing atau mencari kesempatan dalam pasar. Jika posisi perusahaan itu sendiri dekat dengan pesaing lainnya, perusahaan itu harus menyeleksi dan kemudian mencari perbedaan lebih lanjut melalui perbedaan-perbedaan tersendiri.


Menurut Kotler (1997: 262): “Positioning is the act of designing the company’s offer so that it occupies a distinct and value placed in the target customer mind”.
Maknanya,
mencari ‘posisi’ di dalam pasar, langkah ini dilakukan setelah menentukan strategi segmentasi yang dipakai. Dengan kata lain positioning adalah suatu tindakan atau langkah-langkah dari produsen untuk mendesain citra perusahaan dan penawaran nilai dimana konsumen didalam suatu segmen tertentu mengerti dan menghargai apa yang dilakukan suatu segmen tertentu, mengerti dan menghargai apa yang dilakukan suatu perusahaan, dibandingkan dengan pesaingnya



Sedangkan menurut Cravens (1991:255),keputusan pemilihan target pasar merupakan titik vokal dari strategi pemasaran itu sendiri dan menjadi dasar dalam menentukan tujuan dan pengembangan strategi positioning.
Oleh karena itu, strategi positioning merupakan faktor utama dalam meningkatkan kekuatan posisi pasar perusahaan di suatu pasar tertentu dibanding pesaing-pesaingnya. Dari definisi diatas terkandung pengertian bahwa positioning berorientasi pada pikiran atau persepsi konsumen. Jadi positioning adalah usaha untuk
menemukan suatu celah di benak konsumen agar konsumen mempunyai image yang khusus terhadap produk atau merk produk atau bahkan terhadap perusahaan.





Sumber II
Positioning : Suatu strategi untuk memasuki jendela otak manusia


Positioning
penciptaan “posisi” suatu merk produk tertentu dalam kognisi (ingatan) para konsumen dikaitkan dengan merk-merk lain yang menjadi pesaingnya. Keberhasilan komunikasi pemasaran suatu produk seringkali banyak ditentukan oleh ketepatan dalam perumusan strategi “positioning”-nya. Karena dari sudut pandang konsumen eksistensi suatu produk cenderung lebih banyak ditentukan oleh citra atau persepsi (“mental image”) yang ada di benak pikiran mereka tentang nilai-nilai kegunaan atau kelebihan dari produk tersebut.


“ Positioning is not what you do to a product. It is what you do to the mind of the prosfect ” (Ries &Trout, 1986). Artinya, positioning bukan sesuatu yang anda lakukan terhadap produk, tetapi sesuatu yang anda lakukan terhadap otak calon pelanggan.


 Positioning bukanlah strategi produk, tetapi strategi komunikasi. Ia berhubungan dengan bagaimana konsumen menempatkan sebuah produk di dalam otaknya, di dalam khayalnya, sehingga calon konsumen memiliki penilaian tertentu dan mengidentfikasikan dirinya dengan produk itu (Rhenald Kasali, dalam buku Membidik Pasar Indonesia, Sementasi, Targeting, dan Positioning, PT. Gramedia Pustaka Uama, Jakarta, 1998, hal. 506). 




Sumber III

Positioning


Dalam pemasaran, positioning adalah cara yang dilakukan oleh marketer untuk membangun citra atau identitas di benak konsumen untuk produk, merk atau lembaga tertentuPositioning adalah membangun persepsi relatif satu produk dibanding produk lain. 

Kesimpulan TS: 
Positioning mencari minat konsumen sesuai targeting,  memposisikan produk (branding image) dibenak masyarakat dengan menggunakan strategi pemasaran yang dilakukan perusahaan, untuk membangun citra perusahaan terhadap produk, sehingga melekat di pikiran masyarakat.(top of mind). 









http://jurnal-sdm.blogspot.com/2009/04/peran-positioning-dalam-strategi.html


https://docs.google.com/viewer?a=v&q=cache:MXlhmTaWDSQJ:pksm.mercubuana.ac.id/new/elearning/files_modul/43033-2-545567935993.doc+positioning+adalah&hl=id&gl=id&pid=bl&srcid=ADGEESgO2vT6QCY9UeYMGdtV4tfvvAdSWSK8IQ97Oz6qkhdpcmKBqapG2_Sk0j--yNmV1l0UqbGvUbyFEDMqHlppRUy7mLL2kDCnz4XPfQmD_SvlewJpnYv2xGp5xw_2HuI7QVgK41Mq&sig=AHIEtbT1fDJjWh63a9eoD7EFlXkdQO6Ozg&pli=1

http://kopisusu.wordpress.com/category/manajemen-produk/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar